Minggu, 10 April 2016

Penjelasan Lanjutan Chipset (SoC)

Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan komponen apa saja yang menyusun smartphone. Tulisan kali ini saya akan menjelaskan lebih lanjut tentang chipset. seperti tulisan kemarin, chipset atau biasa disebut SoC(System on Chip)adalah IC yang didalamnya terdapat bagian CPU, GPU,dll.Namun itu pengertian secara kasar. Pasti banyak yang bertanya, jika IC terdapat bagian-bagian tersebut, apa saja fungsi dari chipset? secara umum fungsi chipset sebagai "otak" smartphone. Dimana fungsinya punya berbagai macam, seperti pengolah data dan penghitungan(fungsi CPU), pengolah grafis(fungsi GPU), mampu mengolah data yang berasal dari perangkat peripheral seperti dari GPS, Modem dll dan masih . Ya ibaratnya seperti gedung perkantoran, dimana didalamnya punya bagian-bagian yang punya peranan yang berbeda. Lantas apa bedanya dengan processor pada komputer?? kalau processor pada PC fungsinya ya seperti CPU saja. Hanya memproses data dan penghitungan. Sementara pemrosesan grafis, koneksi internet, dll diserahkan pada komponen lain yang terpisah dari processor. Berikut apa saja yang harus diperhatikan dalam chipset:

Arsitektur
Apa pengertian arsitektur? memang tidak ada sumber yang benar-benar menjelaskan pengertian arsitektur, namun saya mencoba jelaskan dengan ilmu yang saya pelajari. Arsitektur merupakan konfigurasi penyusunan komponen sehingga menjadi satu kesatuan IC. Ada 2 jenis arsitektur yang umum dipakai, yakni ARM dan x86.


Clockspeed
Parameter clockspeed memang untuk bagian CPU. Namun karena CPU merupakan bagian dari Chipset maka parameter ini mempengaruhi performa dari chipset itu sendiri. Oh ya clockspeed adalah kecepatan dari CPU. Sekarang orde satuannya sudah sampai Ghz(awal-awal smartphone masih MHz). Apa maksud dari satuan Hz? contoh, jika clockspeednya 1Hz maka artinya dalam 1 detik sudah terjadi 1 getaran atau gelombang. Siapa yang menghasilkan?? yah CPU itu sendiri. Nah jika clockspeednya 1Ghz?? maka CPU akan menghasilkan getaran atau gelombang 1.000.000.000 Hz dalam 1 detik. Apa fungsi gelombang pulsa clock? untuk timing proses data. Masih bingung? coba cek gambar dibawah ini:

1 Hz dan 2 Hz

5 Hz dan 10 Hz

 misal sebuah instruksi membutuhkan 2 gelombang pulsa atau pulsa clock untuk menyelesaikannya. Maka jika CPU menghasilkan 5 gelombang pulsa dalam 1 detik, maka instruksi akan selesai dalam 2/5 detik atau 0,4 detik. Namun jika CPU mampu menghasilkan 10 pulsa clock dalam 1 detik, maka sebuah instruksi selesai dalam 2/10 detik atau 0,2 detik. Lebih cepat bukan?



Core, Thread serta Komputasi(maybe?)
2 parameter diatas punya fungsi hampir sama, namun penjelasan dan maksudnya berbeda. Core adalah jumlah inti dari CPU. Era sekarang sebuah CPU untuk chipset mobile dapat dibuat hingga 10 core dalam 1 CPU. Nah apa fungsi CPU ini? yaitu untuk "ruangan" memproses data. Sementara Thread adalah jalur data yang dapat diproses oleh CPU. Minimal ada 1 thread pada 1core, kadang ada yang bisa 2 thread.Nah, kalau komputasi adalah jumlah paket data dalam 1 instruksi. Itu lho yang processor 32Bit dan 64Bit. Maksud dari 32 atau 64 bit apa? misal 1 instruksi berisi 32bit. Dan 1bit berisi 1 nilai yaitu 1 atau 0(salah satu). Sehingga 1 instruksi berisi konfigurasi dari angka 1 atau 0 yang berjumlah 32. Nah jika CPU 32bit, maka dalam 1instruksi dapat memproses 32bit data. Akan makin cepat bila CPU tersebut mampu memproses 64bit. Hubungan Thread dengan Core yaitu Thread merupakan bagian dari Core. ibaratnya Core ruangannya, kemudian Thread adalah loket untuk pembayaran. Maka data adalah orang yang antri di loket. Jika loket banyak maka orang-orang akan makin banyak yang terlayani sehingga pekerjaan cepat selesai. Untuk Core sebenarnya ada penjelasan lanjutannya, mungkin akan dibahas di artikel selanjutnya(entah kapan rilisnya.haha).

Ilustrasi Core

Gambaran tentang Thread



GPU
Kepanjangan dari Graphic Processing Unit. Berfungsi sebagai pengolah grafis agar dapat ditampilkan ke layar smartphone dari beberapa data yang telah diproses. Apa saja yang diproses oleh GPU?? yang utama atau yang pasti adalah UI(User Interface). UI merupakan hasil terjemahan dari banyak kode program yang berjalan sehingga pengguna smartphone tidak perlu melihat kode-kode program dieksekusi namun cukup melihat hasil dari kode program tersebut. Selain memproses UI, GPU juga memproses file gambar, video, animasi dan juga game.



Fabrikasi
Bagian ini memang tidak terlalu orang tahu dan paham, sehingga orang-orang tidak memperhatikan bagian ini. Oke, pengertian fabrikasi adalah teknologi dalam pembuatan microchip. Teknologi apa yang dimaksud? yaitu teknologi untuk menciptakan transistor dengan ukuran yang sangat kecil. Apa hubungannya transistor dengan SoC? SoC disusun atas banyak transistor.
Jaman sekarang transistor yang dipasang berorde nm. Apa efeknya besar atau kecilnya dari transistor? efeknya banyak sekali, mulai dari performa, konsumsi baterai hingga ukuran Chipset itu sendiri. Logikanya begini:
- makin besar transistor yang dipakai, maka membutuhkan daya yang besar agar bisa bekerja
- makin besar transistor yang dipakai dimensi dari chipset akan besar.
- makin besar transistor, maka disipasi daya akan lebih besar.
Nah untuk performa mungkin pengembangan dari kedua parameter diatas, dengan besar transistor yang berbeda (yg satu fabrikasi ukuran kecil dan besar) serta konsumsi daya yang berbeda(yang satu irit dan yang satu boros) maka desainer microchip akan lebih memilih chipset dengan fabrikasi kecil sehingga mereka akan menaikkan performa dari chipset tersebut. Kenapa tidak menggunakan chipset fabrikasi besar? jika menggunakan chipset fabrikasi besar ketika performa dinaikkan, maka konsumsi baterai juga akan boros, jika konsumsi boros maka disipasi daya akan makin besar. Merembet lagi, disipasi daya besar mala chipset akan cepat panas.

Fabrikasi 22nm

Itulah parameter-parameter yang perlu diperhatikan dalam melihat atau identfikasi chipset. Mungkin masih banyak pertanyaan yang muncul dari tulisan-tulisan diatas, sehingga perlu penjelasan lebih lanjut. Ya semoga saya bisa menjelaskan lebih detail lagi.haha Semoga berguna

1 komentar: