Rabu, 21 September 2016

Dibalik Apesnya Samsung Galaxy Note 7

Yooo jumpa lagi dengan saya. Maaf karena lama tidak menulis tentang smartphone. Ya biasa punya kesibukan pekerjaan yang padat. Oke kali ini saya akan bahas tentang apa yang akan terjadi setelah kejadian apesnya Samsung Galaxy Note 7. Ya ini sih cuman ramalan saja, tapi ramalan yang tidak perlu di anggap serius(karena saya bukan peramal haha). 

Mungkin banyak pembaca sudah tahu kan berita apesnya Galaxy Note 7? jadi saya tidak perlu capek-capek jelasin beritanya. Karena saya sendiri tidak mengetahui sebab kejadiannya(secara pasti). Jadi, lebih baik bahas hal-hal apa yang akan terjadi saja. Dimulai dari pihak Samsung saja.


5 tahun lebih menjadi Raja Smartphone Android, ditahun 2016 ini Tuhan sepertinya sedang menguji pabrikan asal Korsel ini. Memang bagi manusia, umur perusahaan yang sudah tua ini pasti agak mustahil bila melakukan sebuah kesalahan. Namun, ya itu lah apes, siapa yang dapat prediksi? step by step dalam menelurkan produk flagship dari tahun ke tahun memang cukup sempurna. Tidak terlalu lama, namun tidak terlalu cepat. Untuk Galaxy S series mungkin penomorannya urut. Namun, untuk Galaxy Note justru aneh, karena angka 6 dilewatin. Apakah itu merupakan biang apesnya? wah saya sih bukan pakar nomer-nomer.haha. Efeknya ya bisa dilihat sendiri. Untuk jangka panjang pasti mudah tetlihat, yaitu kerugian materi karena harus ganti rugi produk yang konsumen beli (recall, ganti rugi kerugian korban, trade in). Untuk jangka panjang adalah brand image yang turun. Namun efek ini hampir bisa dipastikan terjadi, hanya saja seberapa turunnya brand image hanya Tuhan dan Samsung yang tahu. Dari imbas brand image tadi, juga merembet ke next produk seri flagshipnya. Otomatis, samsung juga harus benar-benar membuat produk yang lebih sempurna lagi.

Mengenai perusahaan Samsung yang bakal bangkrut, entah lah. Saya rasa tidak akan terjadi 1-3 tahun kedepan(entah setelah tahun itu.haha). Sebelum membuat smartphone pun Samsung mengalami masa yang lebih pahit lagi kan? tapi toh tetap survive. Yaaa semoga saja Samsung bisa lebih inovatif lagi, dan mampu menghasilkan produk lebih baik lagi tidak hanya lini flagship high end saja.

Sekarang, perusahaan mana yang akan untung? dan smartphone flagship mana yang akan bersinar di tahun ini?
Siapa lagi pesaing utama Samsung kalau bukan Apple. Yap, timing peluncuran Iphone 7 benar-benar sangat tepat. Entah memang takdir, atau konspirasi dari pihak Apple (haha ngayal dikit lah) apapun itu. Apple benar-benar sangat diuntungkan. Beberapa bulan-bulan belakangan ini memang penjualan smartphone buatan Apple sedang mengalami penurunan secara global. Entah karena smartphone Android lebih menarik, atau Iphone sudah kehilangan pesona atau bahkan konsumen menahan uang untuk menunggu Iphone 7.Nah, saatnya lah Apple harus mengambil kesempatan emas ini secara baik-baik. Kapan lagi bisa bertarung dengan musuh yang sedang apes?
Desain ya boleh lah, fitur upgrade dari sebelumnya.

Smartphone beda OS juga bersinar, lalu smartphone Android mana yang akan bersinar juga?
Ya kita lihat penjualan nomer 2 - 5 kelompok smartphone OS Android diduduki brand China. Seperti Huawei, Lenovo, Oppo, Vivo, Xiaomi. Namun apakah bisa mengambil alih posisi nomer 1 dalam penjualan smartphone Android? sayangnya untuk tahun ini mungkin belum bisa, kalau tahun 2017 mungkin bisa dalam catatan bila Samsung tidak comeback dengan amunisi yang bagus (tidak cuman flagship, toh kelas menengah dan bawah bisa dimaximalkan). Tapi, kalau kelas flagship mungkin Huawei bisa mengambil alih pemimpin penjualan. Dilihat image produk Huawei masih dinilai lebih bernilai lebih ketimbang brand lain dari rekan senegaranya. Jadi ya harusnya Huawei bisa memanfaatkan timing ini.
Huawei P9

Bagaimana dengan brand smartphone yang sudah exist lama seperti LG, Sony, HTC,dll?
Ya susah juga sih, LG dengan G5 kurang begitu memikat hati dari segi desain, Sony lewat Xperia X juga jarang yang menilai smartphone premium (kalau dinilai premium, pasti sudah menguasai atau bersaing dikelas flagship high end dalam hal penjualan). HTC serie 10 pun sama nasibnya dengan LG G5. Oh ya sebenarnya LG masih punya produk LG V20 yang secara spesifikasi termasuk flagship. Ya kayak Galaxy S dan Galaxy Note gitu lah. Produk LG ini baru diperkenalkan bulan September ini, jadi ya kita belum bisa lihat sepak terjangnya.

Meski fiturnya anti mainstream (pioneer smartphone modular), namun modelnya terlalu sederhana
Desain mungkin bisa dikatakan premium, namun sebagian besar orang tidak demikian.
Flagship yang terlupakan
Salah satu flagship LG selain G series

Adakah brand yang tergolong pemain baru namun berpotensi bisa bersinar di kelas flagship?
Sebenarnya sih ada, cuman potensinya belum begitu bagus. Asus. Yap, brand ini barus saja melepas produk generasi 3, yaitu Zenfone 3 series. Untuk kelas flagship, Asus mengandalkan Zenfone 3 Deluxe yang pertama kali menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 821. Otomatis untuk saat ini smartphone ini paling memiliki performa tinggi dikelas smartphone Android. Untuk desain, Asus pun benar-benar tampil all out dengan material metal. Ya soal selera desain sih relatif,mungkin ada yang suka namun juga ada yang tidak suka. Untuk masalah harga, nah ini menjadi pro kontra yang sengit. Memang dari spesifikasi sudah sekelas Galaxy Note 7, LG V20, HTC 10, dan smartphone flagship lainnya, namun harganya pun juga ikut bersaing dengan kelas smartphone flagship tadi. Ya, selama ini sih smartphone Asus membuat produk dikisaran harga 3-4 juta kebawah. Ya, boleh dibilang harga yang bersaing dengan smartphone flagship tadi saya katakan "wajar". Toh secara desain, spesifikasi serta aftersales juga bisa bersaing juga. Biarkan konsumen yang menilai. Toh siapa tahu bisa sukses. Kalau tidak sukses ya harap maklum. Setidaknya Asus pernah mencoba (kayak judul lagu saja.haha)
Desain boleh lah premium, performa juga garang, apakah sukses?

Oke itu lah ramalan yang akan terjadi hingga akhir tahun 2016. Masalah terjadi atau tidak itu bukan jaminan lho.hahaha namanya juga berusaha meramal. Benar-benar terjadi ya berarti ramalan saya akurat, bila tidak ya sudah anggap saja buat bahan bacaan.hahha. Cukup sekian tulisan ini semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar